Informasi Seputar IPA TERPADU

Saturday, October 3, 2020

Lengkap! Materi Pembelahan Sel Mitosis dan Meiosis

Pembelahan Sel | Pada materi ini kita akan belajar tentang Pembelahan Mitosis dan Pembelahan Meiosis. Tentu saja dengan materi pembelahan sel ini akan menunjukkan mengapa kita mesti bersyukur apa yang sudah dianugerahkan Tuhan Yang Maha Esa karena sudah diberikan kesempatan untuk lahir di dunia dan bisa mendapatkan keindahan dari berbagai ciptaan0Nya.

Pada awalnya, manusia itu berasal dari satu sel yang selanjutnya sel tersebut mengalami suatu pembelahan yang terjadi secara terus menerus, sehingga pada saat dewasa. Akhirnya manusia mempunyai sel sebanyak sebanyak 200 Trilliun sel. Pada sel tersebut telah mengalami perubahan bentuk dan fungsi. Sel-sel yang mempunyai bentuk dan fungsi yang sama itu berbabung menjadi suatu kesatuan untuk dapat membentuk jaringan.

Pembelahan sel mitosis dan meiosis


Tentu saja anda sudah mempelajarinya pada materi sistem organisasi kehidupan yang sudah kita pelajari pada kelas VII. Jika anda masih ingat maka seperti gambar di bawah ini yang berhubungan dengan hierarki organisasi kehidupan sehingga terbentuk adanya individu.


Sekarang kita sudah mengetahui betapa teraturnya dan kompleksnya apa yang Tuhan menciptakan Manusia. Kita mesti wajib mengaguminya dengan cara berusaha menemukan jawaban keteraturan dan kompleksitas tersebut. Kita juga mesti berterimakasih karena ibu sudah mengandung kita selama sembilan bulan sepuluh hari, menyusui, memberi kasih sayang, mendidik dan masih banyak lagi yang apa yang menjadi pengorbanan ibu yang tidak bisa kita hitung.

Pernahkah terpikirkan olehmu tentang bagaimana ibu bisa mengandung? Apakah ibu bisa mengandung tanpa adanya kehadiran ayah kita? tentu saja jawabannya tidak bukan? Dari pernikahan ayah dan ibu dihasilkan keturunan, yakni lahirnya kamu. Ayah dan ibu bisa memiliki keturunan karena mempunyai sistem reproduksi. Tanpa adanya sistem reporoduksi ini, maka niscaya kita bisa lahir di dunia dan umat manusia akan punah. Apa sajakah yang menjadi alat-alat atau organ penyusun dari sistem reproduksi? Apakah sistem reproduksi pada laki-laki (ayah) dan sistem reproduksi pada wanita (Ibu) itu sama?

AKan tetapi sebelum kita mempelajari tentang sistem reproduksi manusia, maka kita terlebih dahulu memahami materi tentang pembelahan sel. Sebelumnya, anda sudah mengetahui bahwa pada awalnya manusia itu berasal dari satu sel. Pada sel tersebut kemudian akan mengalami pembelahan, sehingga jumlah dari sel manusia pada saat dia dewasa bisa mencapai 200 trilliun. Nah, bisa kah anda menyebutkan satu alasan mengapa sel itu membelah?

Pembelahan sel itu sangatlah penting bagi kelangsungan hidup dari semua makhluk hidup. Setidaknya, terdapat tiga alasan mengapa sel mengalami suatu pembelahan yakni untuk pertumbuhan, perbaikan dan melakukan reproduksi. Nah, berikut ini dijelaskan masing-masing mengenai alasan pentingnya sel mengalami suatu pembelahan.

PEMBELAHAN SEL

Terdapat beberapa alasan Sel melakukan pembelahan sel yaitu:

1. Pertumbuhan

Masih ingatkah anda bahwa yang menjadi salah satu ciri makhluk hidup yaitu mengalami suatu pertumbuhan. Makhluk hidup bisa tumbuh karena sel-selnya bertambah banyak. Semakin banyak sel yang terdapat pada makhluk hidup, maka semakin besar pula ukuran dari makhluk hidup tersebut. 

2. Perbaikan

Alasan yang selanjutnya yaitu untuk melakuka perbaikan. Pernahkah anda sedang mengalami luka di bagian tubuh anda? Apakah setelah beberapa lama pada bagian tubuh yang luka tersebut bisa menutup seperti semula? Sebenarnya, pada bagian tubuhmu yang sedang mengalami luka tersebut terjadi adanya kerusakan jaringan. Nah, pada perbaikan jaringan yang rusak di tubuhmu tersebut merupakan hasil dari proses pembelahan sel.

3. Reproduksi

Alasan yang terakhir, sel melakukan pembelahan yaitu untuk reproduksi. Reproduksi atau perkembangbiakan adalah ciri lain daripada makhluk hidup. Pada proses reproduksi seksual, dibutuhkan sel kelamin untuk dapat membentuk individu yang baru (anakan). Proses pembentukan pada sel kelamin ini dilakukan dengan cara melalui pembelahan sel.

Menurut pernyataan dari Rudolf Virchow yang dikenal sebagai Teori Sel bahwa semua sel hidup itu berasal dari sel yang sudah ada sebelumnya (Omnis Cellula e Cellula) yang dinyatakan pada tahun 1855. Pembentukan sel-sel baru atau anakan itu berasal dari sel yang sudah ada sebelumnya yang terjadi lewat proses pembelahan sel. Pembelahan sel ini dapat dibedakan menjadi mitosis dan meiosis.

Pembelahan mitosis terjadi pada sel-sel tubuh atau sel somatik pada makhluk hidup. Dimana pada pembelahan mitosis ini, dihasilkan sel anak yang memiliki kromosom yang jumlahnya itu sama dengan jumlah kromosom pada sel induk.

Sedangkan pada pembelahan secara meiosis terjadi pada sel gamet atau sel kelamin. Pada pembelahan meiosis ini berfungsi untuk dapat menghasilkan sel gamet (sel telur atau sel sperma). Lewat pembelahan ini, akan dapat dihasilkan sel anak yang memiliki jumlah kromosom setengah dari jumlah kromosom sel induknya.

Pembelahan Mitosis

Apa itu pembelahan mitosis? Adalah tipe pembelahan sel yang menghasilkan dua sel anakan yang memiliki karakter yang identik secara genetik dengan sel induknya. Artinya bahwa pada kedua sel anakan yang sudah terbentuk memiliki susunan genetika yang sama dengan induknya, termasuk jumlah kromosomnya. Kalau sel induk mempunyai kromosom 2n (diploid) maka untuk jumlah kromosom yang dimiliki dari sel anakan juga berjumlah 2n (diploid). Semisal, sel induk mempunyai jumlah kromosom 23 pasang atau 46 buah maka sel anakan juga mempunyai jumlah kromosom 23 pasang atau 46 buah. Sel diploid adalah sel-sel yang kromosomnya dalam kondisi berpasangan.

Pembelahan mitosis adalah suatu proses yang berkesinambungan yang terdiri dari empat fase pembelahan yakni profase, metafase, anafase dan telofase. Pada setiap fase pembelahan tersebut mempunyai ciri-ciri yang berbeda. Seperti apa ciri-ciri setiap fase pembelahan? bisa anda lihat pada gambar yang ada di bawah ini.
fase pembelahan mitosis

Pada tahap akhir dalam pembelahan mitosis yakni fase telofase. Umumnya selalu saja diikuti dengan adanya pembelahan sitoplasma yang disebut dengan sitokinesis. Pada saat sitokinesis, akan terbentuk cincin pembelahan yang memiliki fungsi dalam membagi sitoplasma sehingga dapat terbentuk dua sel anakan.

Pembelahan Meiosis

Apa itu pembelahan meiosis? Adalah suatu pembelahan sel yang menghasilkan empat sel anakan yang secara masing-masing sel anakannya hanya membawa separuh dari jumlah kromosom dari sel induknya. Jika anda ingin mengetahui seperti apa fase-fase pembelahan sel secara meiosis, bisa anda lihat pada gambar yang ada di bawah ini:
fase pembelahan meiosis
Bisa dikatkaan bahwa pada jumlah kromosom yang dimilik oleh sel anakannya yaitu n atau disebut dengan haploid. Oleh karena itu, meiosis disebut sebagai pembelahan reduksi. Nah, bagaimana teman-teman? Masih ingatkah anda tentang pembelahan meiosis terjadi pada pembentukan apa? Sebelumnya kita sudah mempelajari fase-fase pada pembelahan mitosis. Menurut dari pendapat anda? apakah ada kesamaan fase pada pembelahan mitosis dan meiosis? Berbeda dengan mitosis, pada pembelahan meiosis itu berlangsung dalam dua tingkat yakni meiosis I dan meiosis II. Walaupun demikian, fase-fase pembelahan meiosis itu mirip dengan fase-fase pembelahan mitosis.

Demikianlah materi pelajaran ipa terpadu yang membahas tentang materi pembelahan sel mitosis dan meiosis. Semoga materi ini dapat memberikan manfaat dan bisa dipahami oleh teman-teman. Akan tetapi jika teman-teman masih kebingungan dengan materi yang ada di atas maka silahkan anda melihat video saya yang ada di bawah ini.


Lengkap! Materi Pembelahan Sel Mitosis dan Meiosis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: FAJAR ASHAR (GURU IPA TERPADU)

0 comments:

Post a Comment